Goa Sunyaragi, Antara Dua Mitos yang Bertolak Belakang

Goa Sunyaragi

Wisata Goa Sunyaragi – Tidak lengkap bila Anda berwisata ke daerah Cirebon namun Anda tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Lagi-lagi, tempat ini adalah tempat bersejarah, namun berkat nilai sejarahnya inilah banyak mengundang penasaran para wisatawan.

Anda benar, wisata tersebut adalah wisata Goa Sunyaragi. Goa Sunyaragi adalah Goa yang unik terbentuk dari susunan batu. Karena susunan tersebut berbentuk seperti Goa, maka tempat ini sering disebut sebagai “Goa batu alami”.

Goa Sunyaragi

Padahal tahu gak travelers? Goa tersebut sebenarnya hasil karya buatan tangan manusia lho. Sejarahnya, Goa ini digagas oleh Pangeran Emas Zaenul Arifin atau sering dipanggil Panembahan Ratu Pertama.

Goa Sunyaragi ini dibuat selama Tiga Periode di awal abad ke-18. Dahulu kala, Goa ini sering digunakan oleh keluarga keraton yakni keluarga Sultan Cirebon untuk bertapa mencari ketenangan. Sejarah yang lain memaparkan bahwa Goa ini dahulunya digunakan untuk penggemblengan tentara Kesultanan Cirebon.

Jika Anda ingin berkunjung ke Cirebon dan membutuhkan jasa layanan transportasi bisa klik disini : Info Rental Mobil Cirebon atau mau satu paket dengan wisatanya juga bisa bisa klik disini Paket Wisata Cirebon

Goa Sunyaragi

Dua Mitos yang Bertolak Belakang di Goa Sunyaragi

Hal yang paling berkesan mengenai tempat ini adalah mitosnya. Biasanya, bila Anda berkunjung ke tempat wisata, Anda akan menemukan 1 mitos saja. Tapi di tempat ini, Anda akan menjumpai 2 mitos sekaligus yang saling bertentangan.

Mitos yang petama adalah mitos yang berada di sisi Goa Peteng. Salah satu bagian Goa Sunyaragi ini di bagian pintu depannya terdapat patung batu yang diberi nama Perawan Sunti.

Mitosnya, bila pengunjung yang datang sengaja atau tidak sengaja memegang batu tersebut, ia akan mengalami kesulitan dalam hal mencari jodoh. So, bila Anda berkunjung ke tempat itu, Anda jangan coba-coba ya jomblowers hehe…

Baca juga 11 Wisata Cirebon yang bikin Anda bahagia, 11 Wisata Kuningan yang paling memukau, 11 Wisata Majalengka yang paling Eksotis dan 11 Wisata Indramayu yang paling Menawan

Goa Sunyaragi

Sedangkan mitos kedua adalah mitos mengenai Goa Kelanggengan. Goa ini tidak jauh dari bagian Goa Peteng; Goa pertama tadi. Nah, bagi Anda jomblowers, jika Anda memasuki Goa ini, konon Anda akan sangat mudah mencari jodoh (cari emang mudah, tapi mendapatkannya yang susah hehe).

Pertanyaannya, bagaimana mitosnya bila Anda sudah terlanjur memegang batu Perawan Sunti? Anda cukup memegang batu di Goa Kelanggengan itu sudah lebih dari cukup untuk mematahkan mitos sulit mendapatkan jodoh.

Menarik bukan? Kapan Anda bermain ke sini? Kami tunggu ya!

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *