Stasiun Cirebon dan Sejarah Berdirinya

Stasiun Cirebon – Peninggalan stasiun tua di Cirebon merupakan tempat lama yang sudah ada semenjak tahun 1879. Tepatnya pada tanggal 1 Mei 1897 atas prakarsa perusahaan kereta api swasta yang bernama Semarang Cheribon Stootram MaatchapijStasiun Cirebon merupakan penghubung antara batas wilayah Cirebon dan Jakarta. Dengan begitu, para penumpang pun akan dengan mudah menuju Jakarta dengan adanya stasiun tersebut.

no telp stasiun cirebon
Photo : @adam_nugrahacf

Jika Anda ingin berkunjung ke Cirebon dan membutuhkan jasa layanan transportasi bisa klik disini : Info Rental Mobil Cirebon atau mau satu paket dengan wisatanya juga bisa klik disini Paket Tour Wisata.

Sejarah berdirinya Stasiun Cirebon

Dalam sebuah peresmiannya Stasiun Cirebon ini bersamaan dengan jalur kereta api Sindanglaut – Cirebon, lebih tepatnya tanggal 1 Mei 1897. Pada awalnya stasiun Cirebon ini merupakan stasiun kereta api barang. Pembangunan stasiun ini untuk bertujuan mempercepat komoditas barang yang diambil dari wilayah pertanian di daerah Jawa Barat tepatnya.

Arus barang dari stasiun ini selanjutnya bermuara di pelabuhan Cirebon, yang merupakan perpindahan barang menuju negeri kincir angin tersebut. Setelah tahun 1980-an. Jalur kereta ini sudah hampir tidak dapat dilihat kembali oleh masyarakat pada saat itu.

Pada tanggal 3 Juni 1912, jalur kereta api Cikampek menuju Cirebon selesai dibangun oleh Statsspoorwegen yang menjadi pilar perusahaan pemasok barang dari kolonial. Jalur tersebut dimaksudkan untuk menuju Purwokerto dan Kroya. Jalur ini menghubungkan antara jalur SS dan SCS. Pada tanggal 1 November 1914, kedua stasiun tersebut mulai terhubung.

fasilitas stasiun cirebon
Photo : @cirebonexotic

Bangunan dan Tata Letak

Pada awalnya, stasiun ini hanya terdiri dari bangunan kanopi pada emperan peron jalur 1. Namun selayaknya bangunan stasiun pada umumnya. Sementara emplasemennya merupakan tempat terbuka tanpa adanya overkapping. Bangunan ini akhirnya direnovasi pada bulan Juli tahun 2011. Tata bangunan tersebut akhirnya semakin tinggi peronnya, ditambahkan kanopi dan semakin baik dari segi perbaikan jalur.

stasiun cirebon
Photo : @amandermawan

Layanan Kereta Api

Layanan kereta api ini terdiri dari berbagai kelas campuran dari berbagai macam masinis perjalanan.

1. Kelas Campuran Bisnis – Ekonomi : Brantas tambahan, dengan tujuan Jakarta dan Blitar, Kertajaya tambahan, dengan tujuan Jakarta dan Surabaya

2. Kelas Bisnis : Sawunggalih tambahan, tujuan Jakarta dan Kutoarjo

3. Kelas Ekonomi AC Premium : Mataram premium, tujuan Yogyakarta dan Jakarta, Tawang jaya premium, tujuan Jakarta dan Semarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *