Menyusuri Wisata Sejarah Keraton Kasepuhan

Ada satu lagi ikon Kota Cirebon. Ikon tersebut adalah Keraton Kasepuhan. Tahukah Anda mengenai tempat bersejarah di Keraton Kasepuhan ini?

Jika Anda mendengar kata Keraton Kasepuhan, barangkali yang terlintas di pikiran Anda adalah sebuah bangunan tua bersejarah yang memiliki aura kerajaan. Anda tentu mungkin akan berpikiran bahwa tempat ini berbahan dasar kayu coklat tua yang kokoh.

Wisata Cirebon Keraton Kasepuhan

Anda benar, namun sebelum saya menjelaskan mengenai detail wisata Keraton Kasepuhan ini, ada baiknya saya paparkan terlebih dahulu di mana letak Keraton tersebut.

Keraton Kasepuhan Cirebon beralamat di Jalan Kasepuhan No. 43, Kampung Manalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon Jawa Barat.

Bila Anda berawal dari Stasiun Kereta Api Kejaksan, Anda bisa menempuhnya dengan waktu 30 Menit. Begitupula bila Anda berangkat dari Terminal Bus Harjamukti Cirebon, Anda juga hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 Menit.

Jika Anda ingin berkunjung ke Cirebon dan membutuhkan jasa layanan transportasi bisa klik disini : Info Rental Mobil Cirebon atau mau satu paket dengan wisatanya juga bisa bisa klik disini Paket Wisata Cirebon

Wisata Keraton Kasepuhan

Sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon

Pendiri Keraton Kasepuhan Cirebon adalah Pangeran Cakrabuana. Tepatnya di masa bertumbuhnya agama Islam sekitar 1529 M. Berdirinya Keraton Kasepuhan ini sebenarnya merupakan ekspansi dari Keraton Pakungwati. Keraton Pakungwati adalah keraton tertua di Cirebon.

Adapun sebutan Pakungwati berasal dari nama Ratu Dewi Pakungwati binti Pangeran Cakrabuana. Ia menikah dengan Sunan Gunung Jati. Hingga akhirnya Ratu Dewi wafat di dalam Masjid Agung Sang Cipta Rasa dalam usia yang sudah sangat tua.

Baca juga 11 Wisata Cirebon yang bikin Anda bahagia, 11 Wisata Kuningan yang paling memukau, 11 Wisata Majalengka yang paling Eksotis dan 11 Wisata Indramayu yang paling Menawan

Karena posisinya tersebut, Ratu Dewi Pakungwati diberikan kehormatan dengan penyematan nama beliau oleh nasab Sunan Gunung Jati sebagai nama keraton yang akhirnya diberi nama “Kasepuhan”. Kasepuhan adalah kerajaan Islam, di sanalah para pendiri Cirebon bertahta dan di sana pula dahulu kala Pemerintahan Kasultanan Cirebon berdiri.

Study Tour Keraton Kasepuhan

Sebagaimana bangunan-bangunan bersejarah lainnya, Keraton ini pun memiliki detail arsitektur antara lain Gerbang Utama Keraton, Siti Inggil, Tajug Agung, Taman Dewandaru, Museum Benda Kuno. Museum Kereta Singa Barong, Tugu Manunggal, Lunjuk, Sri Manganti dan bangunan Induk Keraton.

Nah, jika Anda tertarik mempelajari sejarah Keraton Kasepuhan, tidak ada salahnya Anda berwisata juga mengambil hikmah dari tempat bersejarah. Selamat berwisata!

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *